Friday, August 3, 2007

heppi..


wah ada anggota freakears yang masuk koran


SUDUT PANDANG
Promosi SPA lewat Jajan Semarang

BERMACAM ragam disajikan untuk mempromosikan sekaligus mengenalkan Semarang Pesona Asia (SPA) kepada khalayak. Satu di antaranya adalah lewat makanan. Melalui menu makanan itulah SPA dipromosikan. Bagaimana caranya?

"Kita menyajikan makanan khas Semarangan kepada pengunjung atau tamu hotel. Dengan demikian, setidaknya pengunjung mengetahui jenis-jenis makanan tradisional yang ada di Semarang," kata Heppi Lestari, Public Relation Hotel Horison Semarang, Rabu (1/8) siang.

Ala Kaki Lima

Ada sederet jajanan, misalnya tahu gimbal, gandos, cocoran, serabi, brongkos, dan nasi ayam. Untuk minuman ada pula jamu gendong.

Menurut wanita kelahiran Banjarmasin, 9 Januari 1983 itu, pemunculan menu tradisional tersebut sebenarnya bukan hanya disodorkan menjelang perhelatan bertaraf internasional itu saja.

"Sebelum-sebelumnya kami juga sering menggelar makanan tradisional sebagai salah satu menu di hotel kami. Bahkan, tiap akhir pekan kami juga menyediakan makan pagi ala kaki lima," tandas lulusan jurusan Inggris Fakultas Sastra Undip 2004 itu.

Ada yang menarik ketika ditanya perihal pemasok jajanan dan makanan tradisional tersebut.

Peraciknya bukanlah dari kalangan koki hotel, melainkan penjaja makanan keliling di beberapa perumahan atau jalan-jalan di Semarang.

"Bener lho, yang membuat jajanan dan makanan semua itu adalah pedagang kaki lima. Ada yang langganan beberapa karyawan hotel, ada pula yang lewat di depan rumah terus kami coba rasanya. Kalau enak, kami tawari untuk dipromosikan di tempat kami," ungkap penyuka warna hitam yang kerap mengisi waktu kosongnya dengan menjadi MC dan penyanyi di sejumlah perhelatan itu.

Begitu disepakati, para pedagang tersebut didandani dengan busana Semarangan ketika menawarkan jajanan di hotel.

Upaya itu merupakan salah satu pemberdayaan pedagang kecil atau UKM. Selain itu, tentu saja mempromosikan SPA


-by Maya KD

No comments: